Negara-negara Bagian di Australia

Tabel Negara-Negara Bagian di Australia



Nama Negara-negara Bagian di Australia
No
Nama Negara
Ibukota
1
New South Wales
Sidney
2
Victoria
Melbourne
3
Queensland
Brisbane
4
Australia Selatan
Adelaide
5
Tasmania
Hobart
6
Australia Barat
Perth
7
Australia Utara
Darwin
8
Daerah Khusus Ibukota Negara
Canberra

Tabel oleh albirds



Penjelasan Ringkas :

New South Wales

New South Wales adalah salah satu negara bagian Australia, negara bagian yang paling tua yang didirikan pada tahun 1788. Ibukota negara bagian ini adalah Sydney. Negara bagian ini juga merupakan negara bagian yang paling banyak penduduknya. Pada Maret 2006, penduduknya berjumlah 6.817.100 jiwa.

Victoria

Victoria (dahulu disebut: Vitoria) adalah negara bagian Australia terkecil yang masuk di benua tersebut (Tasmania tidak termasuk) dan beribu kotakan Melbourne. Victoria terletak di bagian tenggara benua Australia dan dengan perhitungan penduduk 5.354.042 jiwa (Juni 2011), adalah negara bagian dengan penduduk terpadat kedua di Australia. Luasnya adalah 237.629 km². 

Queensland

Queensland (nama alternatif: Quenslandia) yaitu negara bagian terbesar kedua di Australia setelah Australia Barat, dan menempati daerah timur laut di benua ini. Negara bagian ini berbatasan dengan Northern Territory di bagian barat, Australia Selatan di bagian barat daya dan New South Wales di bagian selatan. Di bagian timur, Queensland berbatasan dengan Laut Koral dan Laut Pasifik. Negara bagian ini adalah negara bagian terpadat pendudknya ketiga setelah New South Wales dan Victoria. Beribukota di Brisbane, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 1.730.648 km² dan populasi 4.000.000 jiwa (2005). 

Australia Selatan

Australia Selatan (bahasa Inggris: South Australia) adalah sebuah negara bagian Australia. Beribu kota di Adelaide, Negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 983.482 km². Sebelum bergabung dengan Persemakmuran Australia pada 1901, wilayah ini berstatus sebuah provinsi Britania Raya. Populasi Australia Selatan mencapai 1.540.200 jiwa (2005). Sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pesisir dan di sepanjang Sungai Murray. 

Tasmania

Tasmania adalah sebuah negara bagian Australia dan pulau dengan nama yang sama. Beribukota di Hobart, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 22.357 km² dan populasi 484.700 jiwa (2005). Letaknya 200 km di sebelah selatan Australia Daratan, dengan Selat Bass sebagai pemisah. Negara bagian ini juga mengelola Pulau Macquarie. 

Australia Barat

Australia Barat (bahasa Inggris: Western Australia) adalah negara bagian terbesar di Australia. Mencakupi sepertiga luas wilayah Australia, negara bagian ini berbatasan dengan Australia Selatan dan Teritori Utara. Ibu kotanya ialah Perth. Australia Barat merupakan entitas subnasional terbesar kedua di dunia setelah Sakha, Rusia. 

Australia Utara

Darwin adalah ibu kota negara bagian Teritori Utara di Australia. Darwin merupakan kota terbesar di negara bagian itu. Penduduknya berjumlah 93.000 jiwa (2004). Kota ini terletak di bagian utara negara. Didirikan pada tahun 1869. Kota ini memiliki luas wilayah 112,01 km². 

Canberra

Canberra adalah ibu kota Australia yang terletak di Australian Capital Territory, 300 km sebelah barat daya Sydney dan 650 km timur laut Melbourne. Letaknya di antara dua kota terbesar di Australia dipilih pada 1908 sebagai kompromi atas persaingan Melbourne dan Sydney untuk menjadi ibu kota. Kota ini dirancang oleh arsitek Chicago, Walter Burley Griffin, dan pembangunan dimulai tahun 1913. Dengan jumlah penduduk sekitar 339.000, Canberra adalah kota terbesar ketujuh di Australia dan kota di daerah pedalaman yang paling besar. Sebagai pusat pemerintahan, di Canberra terdapat Gedung Parlemen dan berbagai kantor departemen. Walau begitu, peran sebagai pusat ekonomi dipegang oleh Sydney dan Melbourne.



Pranala Luar

0 komentar: